Category Archives: Berbagi Ilmu

Pembelajaran di luar kelas

siswa al fatah sedang melaksanakan outbound.

menyebrang

foto

1. Al Fatah Menyeimbangkan Ilmu dan Akhlaq

Al Fatah didirikan pada tahun 1999 (dalam hal ini TK Al Fatah) dengan impian mewujudkan lembaga pendidikan yang mampu mengantarkan kesuksesan dunia dan akhirat.

Berawal dari keprihatinan tidak adanya Lembaga Pendidikan Islam di perumahan yang baru berkembang saat itu (Kota Baru Driyorejo, 1999) menggugah pikiran dan tekad untuk mewujudkan lembaga pendidikan yang memiliki ciri dan karakter yang jelas ke-Islamannya, sebab penanaman keagamaan bukan saja diperlukan dengan pemberian materi secara parsial namun perlu penanaman yang kontinyu dan integral melalui sistem pendidikan.

Kesuksesan dunia semata akan mengakibatkan seseorang mudah kufur dan berprilaku yang lepas, bebas, dan tanpa arah. Apapun dilakukan asal keinginan dan cita-citanya terwujud, tidak perduli itu halal atau haram. Kesuksesan dan kehidupan yang semacam ini akan melahirkan kegelisahan dan ketidaknyamanan pada diri sendiri dan orang sekitar yang selanjutnya kebahagiaan yang didambakan hanya tipuan luar belaka.

Demikian juga halnya dengan kebahagiaan dan kesuksesan di akhirat akan susah terwujud tanpa melalui kesuksesan dan kebahagiaan di dunia. Ibarat orang berajalan, akan susah mencapai tujuan kalau kaki “pincang” meskipun mata mampu mengantarkan dan mengetahui jalan mana yang harus dilaluinya. Dengan kata lain, hanya mementingkan dunia ibarat orang berjalan tanpa mata (“buta”) dan hanya mementingkan akhirat semata ibarat orang yang kakinya tidak utuh (“pincang”).

Untuk itulah sesuai namanya “Al Fatah” bertekat mewujudkan lembaga pendidikan yang mampu mengantarkan siswanya untuk menggapai kesuksesan dunia dan akhirat, sebagaimana dambaan seorang mu’min yang sejati seperti yang digambarakan dalam al Qur’an surah al Baqarah ayat 201 serta doa yang tidak pernah terlupakan yaitu :

” رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ “